11 Januari 2010

Blue Foundation, Folk yang Merepresentasikan Zaman


Blue Foundation adalah band elektronik asal Denmark yang dikenal dengan album mereka Sweep of Days (2005). Beberapa track mereka muncul di beberapa film dan serial TV populer. Sebut saja lagu "Sweep" yang ada di film Miami Vice dan "Eyes on Fire" yang bisa didengarkan saat menonton Twilight, sementara "Save This Town" juga ada di serial terkenal The OC. Band ini dibentuk tahun 2000 dan diproduseri oleh Tobias Wilner yang juga sekaligus personil band ini. Wilner yang biasa disapa Bichi adalah seorang komposer dan DJ untuk Blue Foundation. Perusahaan yang dibuatnya telah menjalin kerjasama dengan beberapa musisi di antaranya Kirstine Stubbe Teglbjærg dan Bo Rande yang kemudian ikut bergabung dalam band ini.
Musik band yang beranggotakan enam orang ini merupakan perpaduan antara melodic dreamy pop dengan sentuhan indietronica dan shoegaze. Wilner menyebutnya musik folk bagi orang-orang modern. Blue Foundation merilis album pertama mereka tahun 2004 dengan judul nama mereka sendiri.

Kemudian berturut-turut mengeluarkan album setiap tahunnya, Sweep of Days (2005), Solid Origami yang hanya beredar di Jepang (2006), dan Life of a Ghost (2007) yang dirilis di Skandinavia.

Selain empat album yang telah dirilis, Blue Foundation juga kaya dengan 17 EP yang mereka keluarkan, yang terakhir di tahun 2007, Enemy. Saat ini, Wilner dan kawan-kawan tengah menyiapkan EP, dimana salah satu lagunya diisi juga oleh Kirstine dan Mark Kozelek (Red House Painters, Sun Kil Moon). Kirstine sendiri juga tengah sibuk dengan project solonya yang direncanakan rilis tahun ini dengan musik atmospheric dan gloomy lo-fi pop.

Tak hanya EP, Blue Foundation juga mengisi beberapa kompilasi, di antaranya Renaissance: Sequential Vol.2 (2007) dan Global Underground 030: Nick Warren, Paris (2006).

Personil Blue Foundation:

Kirstine Stubbe Teglbjærg - vokalis, komposer, dan pencipta lagu

Tobias Wilner (Bichi) - Produser, komposer dan DJ

Bo Rande - Produser, komposer, trumpet

MC Jabber - MC dan pencipta lagu

Tatsuki Oshima - DJ dan vinyl manipulator

Sune Martin - Bass


Comments :

0 komentar to “Blue Foundation, Folk yang Merepresentasikan Zaman”

Posting Komentar

My Banner

Create your own banner at mybannermaker.com!
Copy this code to your website to display this banner!

Iklan...

Pasang Iklan Gratis
 

Copyright © 2009 by METAL MANIA