02 Juli 2010

Launching Split Album Generasi Abu Abu


- Launching split album 'Generasi Abu Abu' dari Sendal Jepit dan The Frustaters telah digelar pada hari Minggu 27 Juni kemarin di Score Ciwalk Bandung, dengan dua band featuring yaitu Under 18 dan Restrain yang tampil di awal sekitar pukul 18.15 WIB.

Suasana lengang di area moshpit sangat terasa pada acara yang digelar di saat kebanyakan orang sedang ditarik perhatianya oleh piala dunia ini, yang mungkin bisa dibilang sebagai imbas dari perhelatan besar tersebut. Khususnya saat acara yang di mundurkan waktunya menjadi pukul 17.00 WIB dari waktu sebelumnya 21.00 WIB, dengan alasan tempat bersangkutan akan digunakan untuk nonton bareng, dengan kata lain selain promo yang dirasa kurang, imbas di atas turut berperan membuat launching ini menjadi sepi.

Walau begitu, bukan berarti tiap band bermain minim, mereka tetap berusaha tampil penuh, yang uniknya bujukan apresiasi dari pertunjukan live mereka terus bertabrakan dengan atmosfer piala dunia, mulai dari pajangan bendera dari tiap negara peserta word cup, sampai pada pengunjung yang menebak nebak score pertandingan.

Animo yang kurang dan sedikitnya durasi tetap membuat Sendal Jepit bermain maksimal menutup acara. Dan hal yang paling menarik dari Sendal Jepit sekarang adalah materi musik mereka yang terdengar mundur ke tahun 90an, lewat distorsi yang lebih mentah dan beat lebih bertenaga, yang mereka tawarkan bersama beberapa lirik seputar kritik sosial dan deskripsi tentang keadaan sulit. Band yang satu ini muncul dengan image dan materi yang semakin terdengar tidak sama dari tahun tahun sebelumnya, lebih punk dan semakin impresif.

Sementara partner mereka dalam split album ini The Frustaters, adalah band bermaterikan melodic yang digawangi oleh Romy (Gitar), Reza (Gitar), Kojeck (Bass), Aji (Drum), Eva (Vokal) yang mungkin sekilas terdengar seperti power pop terutama pada divisi lirik, hanya saja mereka tampil dengan distorsi yang lebih tebal dan atmosfer melodic punk pada drum. Malam itu The Frustaters sepertinya sedang dalam kondisi tidak bagus untuk perform, terutama vokalis mereka.

Tak lupa dua tampilan di awal cukup memberi pilihan lain, yaitu Under 18 dengan old street hardcore-nya bersama mix antara metal, hardcore dan progressive dari Restrain yang menyajikan nuansa baru dalam acara launching ini, Under 18 tampil dengan beberapa nomor yang sebagian besar diambil dari album mereka Loyalitas seperti 'Keep It True', 'You've Got', dan 'Bandung Brotherhood'. Sementara Restrain (band yang telah merilis EP di tahun 2005 berjudul “Our Pain Is Evident, Our Destruction Is Imminent”) tampil di awal dengan beberapa karya mereka seperti 'Weak Chapter', 'Ris From The Dead', 'Tabularasa', 'Gemini Killer', 'Hymn Of The Dead Crow'.

Dengan mengikuti perform dan menyimak materi dari kedua band dalam split album ini, sepertinya penamaan 'Generasi Abu Abu' yang merujuk kepada tidak ada batasan / perbedaan antara dua generasi ini sangat tepat sekali, mengingat rilisan ini bersisikan dua band berbeda, terutama dari materi yang mereka tawarkan, menjadikan split album benar – benar seperti penggabungan antara dua warna yang sangat kontras. [eka]

Comments :

1
Koleksi Film mengatakan...
on 

pertamax..

Posting Komentar

My Banner

Create your own banner at mybannermaker.com!
Copy this code to your website to display this banner!

Iklan...

Pasang Iklan Gratis
 

Copyright © 2009 by METAL MANIA